D
D
D
D
s
s
s


Apa Sebenarnya yang Disebut Kandung Kemih yang Hiperaktif  atau Overactive Bladder (OAB) ?


Overactive Bladder (OAB) adalah kondisi dimana kandung kemih berkontraksi tidak semestinya, menyebabkan desakan tiba-tiba untuk kencing. Ketika hal ini terjadi, pada beberapa orang menyebabkan juga terjadinya ’ ngompol’  (sedikit menetes sebelum dapat mencapai toliet), walaupun hal ini tidak selalu terjadi. Gejala lain dari OAB adalah sering ke toilet – delapan kali atau lebih selama 24 jam dan terbangun satu kali atau lebih pada malam hari untuk kencing.


Kandung kemih adalah organ yang berbentuk tabung terdiri dari lapisan otot (otot detrusor), merupakan bagian dari sistem tubuh yang bekerja membawa hasil metabolisme yang tak terpakai  keluar tubuh.

Hasil metabolisme ini dihasilkan oleh berbagai organ yang kemudian dibawa melalui aliran darah dan dibawa ke ginjal.  Ginjal kemudian menyaring darah dengan jaringan khususnya, mengumpulkan sisa hasil metabolisme dan cairan lainnya menjadi urin dan ditampung. Ginjal mengeluarkan urin melalui saluran kecil yang disebut ureter, dan ditampung dalam kandung kemih. Kandung kemih yang berfungsi menampung urin dapat menampung kira-kira sebanyak dua cangkir cairan. Dan ketika Anda siap untuk berkemih, maka urin akan turun melalui saluran yang disebut uretra dan keluar dari tubuh.
 

 

Kandung kemih dan otak bekerja bersamaan untuk mengontrol kegiatan berkemih Anda. Setelah kandung kemih kosong, otak akan memerintah kandung kemih (pada otot detrusor) untuk relaks, dengan mengirimkan sinyal melalui sistem saraf.

Hal ini menyebabkan kandung kemih mengembang dan kembali terisi urin. Segera setelah penuh maka kandung kemih akan mengirim sinyal kembali ke otak. Dan Anda menjadi mengalami sensasi penuh dan menahan urin, pada bagian ini menjadikan otot yang ada disekitar urethra ( otot sphinter ) berkontraksi. Ketika Anda siap untuk berkemh, syaraf akan mengirikan sinyalnya kepada otot detrusor untuk relaks. Hal ini menyebabkan urin keluar dari kandung kemih melalui urethra. Kemudian Anda secara sadar merelaksasikan otot sphincter eksterna, membiarkan urin keluar dari tubuh. Dan sekali lagi kandung kemih kosong, dan prosesnya kembali baru lagi.
 

 

Ketika anda mengalami OAB, maka otot detrusor berkontraksi disaat yang salah, yaitu
sebelum kandung kemih Anda penuh. Hal inilah yang disebut sebagai terlalu aktifnya detrusor (otot yang melingkupi kandung kemih) atau ketidakstabilan detrusor. Anda akan merasa sangat tiba-tiba dan segera untuk berkemih dan Anda kemungkinan tidak dapat mengontrol kandung kamih Anda walaupun hanya untuk beberapa detik. Anda mungkin akan berkemih selama waktu tidur, setelah meminum air atau bahkan ketika Anda mendengar air mengalir.
 

untuk menilai derajat keparahan OAB yang Anda derita, maka Anda dapat mengisi kuesioner mengenai skor OAB dibawah ini :
OABSS Kuesioner
   
© Copyright 2008 - design and [email protected]faberhost.com