D
D
D
D
s
s
s
 
Bagaimana Kandung Kemih yang Hiperaktif atau Overactive Bladder (OAB) mempengaruhi hidup anda ?

Bagaimana OAB dapat mempengaruhi hidup Anda dan keluarga anda? Jika gejala yang ada pada anda berjalan perlahan-lahan sehingga anda dapat membiasakannya dan menganggapnya wajar. Tetapi bila anda berhenti sejenak memikirkannya, Anda mungkin akan terkejut seberapa banyak OAB mempengaruhi hidup Anda dan orang-orang disekitar Anda sekarang maupun nantinya. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya isolasi sosial, kehilangan pekerjaan, komplikasi medis dan beberapa konsekuensi serius lainnya.

Overactive Bladder (OAB) bukan hanya sekedar ketidaknyamanan yang ringan. Lebih dari 65% dari seluruh penderita OAB melaporkan bahwa hal ini menyebabkan timbulnya masalah dalam kehidupan sehari-hari mereka. Beberapa merasa khawatir untuk berpergian rutin keluar rumah atau bertemu teman, untuk menghindari kejadian yang tidak mereka inginkan. Untuk beberapa alasan sebagian penderitanya menolak untuk beraktivitas. Yang lainnya berusaha untuk membatasi minum, dengan harapan akan mengurangi berkemih, sementara sebagian mengunakan pakaian  dengan  warna gelap setiap saat atau membawa pakaian ganti kemanapun mereka berpergian. Yang lainnya lagi melakukan ’pemetaan toilet’/ toilet mapping– mereka selalu mencari tahu dimanakah letak toilet terdekat.

 
 

Beberapa menghindari aktifitas seksual dengan alasan takut ’ngompol’. Banyak diantaranya, terutama yang berusia lanjut berakhir dengan perasaan terisolasi, depresi dan dipermalukan dengan kondisi yang terjadi pada mereka. Kemungkinan malah menjadi buruk lagi yaitu kehilangan kebebasan yang menyebabkan mengompol ini menjadi alasan kedua untuk menempatkan seseorang di panti jompo.


OAB dapat menyebabkan masalah finansial yang serius, seperti pengunaan produk komersial ( pembalut dewasa). Efek lainnya berupa kehilangan pekerjaan dan menolak kesempatan promosi kenaikan jabatan.

OAB juga dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius. Penderita dengan kondisi seperti ini biasanya dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, ulkus pada kulit, problem tidur, depresi dan kondisi medis lainnya. Mereka juga mempunyai resiko untuk jatuh dan patah tulang oleh karena seringnya terburu-buru bangun malam hari untuk berkemih. Penderita OAB menyebabkan 26% resiko untuk jatuh dan 1/3 nya mengalami patah tulang. Jatuh dan patah tulang, inilah yang menyebabkan untuk mendapat perawatan di rumah sakit atau fasilitas perawatan lainnya yang memerlukan waktu lama.

   
© Copyright 2008 - design and [email protected]faberhost.com